Ada Apa Dengan MLM?

6:50:00 PM

Siapa yang pernah dengar kata itu? Mulut Lewat Mulut. Bisa juga, namun yang kali ini saya maksudkan adalah Multi Level Marketing.



Banyak orang yang sudah berpikiran negatif terlebih dahulu mendengar kata MLM. Memang sih, kebanyakan orang takut di tipu dari usaha yang dinamakan Multi Level Marketing atau nama lainnya Direct Selling. Namun, kebanyakan orang salah kaprah dengan yang namanya MLM. Orang selalu mengira MLM itu Money Game. Padahal Money Game dan MLM itu beda lho. Money game itu lebih mengarah pada anda untuk menyimpan uang dan mengajak teman anda untuk menyimpan uangnya juga lalu uangnya hanya di putar-putar saja. Jadi jika anda ikut yang namanya money game uang yang anda dapat itu adalah uang dari teman yang anda ajak. Karena money game itu tidak ada produk yang dijual, kadang hanya sebagai kedok belaka. Justru money game itu yang harusnya dihindari, karena biasanya perusahaan money game itu hanya berkedok bisnis, padahal yang dilakukan adalah penipuan.

Beda dengan MLM yang memang ada produknya. Dan jujur setelah saya mencoba beberapa ternyata produk yang dijual dari MLM itu berkualitas lho. Contohnya banyak teman saya yang saya coba untuk memakai produk itu (karena awalnya saya takut pakai sendiri.hahaha sori yo konco2 kalo dijadiin percobaan dulu) juga mengatakan hal yang sama.

Nah, maka dari itu MLM saya sebut sebagai salah satu strategi marketing yang cukup top markotop. Kenapa? Karena dari pengenalannya kepada distributor lalu distributor akan bercerita pada temannya. Menurut saya itu cara terampuh untuk meningkatkan daya jual sebuah produk, dengan kesaksian. Dan itu harus diimbangi dengan produk yang berkualitas tentunya. Tentu saja harus legal, di Indonesia MLM atau bisnis sejenis yang legal adalah yang dapat ijin dari APLI(ASOSIASI PENJUALAN LANGSUNG INDONESIA) jika tidak ada itu jangan sekali-kali ikut, karena ilegal.

Dan setelah saya lihat-lihat ternyata di Indonesia banyak juga yang ikut MLM. Alasan mereka bermacam-macam. Ada yang ingin menambah uang jajan, ada yang ingin dapat rewardnya, ada yang ingin mencari pengalaman kerja. Ya apapun alasannya MLM juga salah satu wadah belajar bisnis bagi anak muda. Mereka bisa langsung terjun untuk praktek. Mulai dari belajar menawarkan produk sampai menjalin komunikasi dengan kostumer maupun downlinenya. Banyak anak muda yang bersemangat di sini. Semoga dengan begitu bisa menumbuhkan semangat entrepreneur dan memajukan Indonesia.

Tapi, ada jeleknya juga. Kadang anak muda ini terlalu bersemangat sehingga menyepelekan tugasnya yaitu belajar(jika dia sedang bersekolah atau kuliah). Dan terlalu berkeras kepala dengan apa yang mereka dapat. Contohnya menjadi malas sekolah jika sudah dapat uang sendiri, ego mereka muncul.

Nah, bagi kalian yang merupakan pelajar yang ingin ikut MLM dan membaca tulisan ini, sebaiknya kalian jangan takut jika ikut berbisnis. Namun, jangan sampai kita melupakan tugas utama kalian yaitu belajar. Jika semua berjalan dengan baik dan beriringan maka semua akan semakin baik bagi kalian. Dan tentu saja, orang tua kalian akan bangga.

Jangan memandang sebelah mata suatu hal, lihatlah secara objektif dan temukan hal positifnya.

God Bless

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images