TEBAK DAN BERPINDAH

9:13:00 AM


Nah, kali ini saya ingin sedikit membagi hasil yang saya dapat dari pembelajaran di semester 1 pada mata kuliah keterampilan interpersonal. Mata kuliah keterampilan interpersonal terbagi menjadi dua kelas, indoor dan outdoor, kali ini yang saya bagi adalah pelajaran outdoor. Dimana terdapat permainan yang dapat diambil pelajarannya, terutama dapat mengasah softskill kita. Karena dalam dunia kerja tidak hanya hardskill yang diperlukan tapi juga softskill. Silahkan teman-teman baca. Hopefully this is useful.
 
·        Aturan Permainan
            Dalam permainan tebak dan berpindah ini setiap kelompok wajib memilih wakil untuk maju ke depan. Setiap perwakilan kelompok itu akan dikumpulkan dan mendapat sebuah benda, yaitu perlengkapan kantor. Mereka akan menyembunyikan benda tersebut. Dan kelompok lain yang tinggal harus menebak benda apa itu. Setiap kelompok hanya boleh menanyakan sebuah pertanyaan yang jawabannya antara ya dan tidak. Awalnya kelompok akan memberi wakil dua, yang kedua kelompok harus mewakilkan empat orang. Kelompok yang dapat menebak maka perwakilan kelompok-kelompok tadi akan menjadi anggota kelompok yang dapat menjawab benda tersebut.
·         Pembelajaran yang di dapat
1.      mampu menghadapi perubahan
- Saat kelompok bekurang atau bertambah maka kita akan belajar untuk menghadapi perubahan itu. Begitu juga dengan peserta yang pindah kelompok.
2.      menyesuaikan dengan kondisi baru
- Dalam menghadapi perubahan kita harus dan dapat menyesuaikan dengan kondisi yang baru.
3.      berimajinasi
- Saat menebak benda kantor kita wajib memikirkan dan mengimajinasikan benda apa yang disembunyikan. Melatih berpikir.
4.      belajar ikhlas
- Saat anggota kelompok kita berkurang kita harus belajar untuk mengikhlaskannya. Seperti saat kita memiliki sebuah perusahaan dan kita kehilangan orang yang penting, kita harus ikhlas dan memulai mencari komposisi yang pas lagi.
5.      sabar
- Kita juga harus sabar dalam menunggu giliran untuk menjawab dan tudak terburu-buru.
6.      harus mampu menganalisis
- Karena bergiliran dalam menjawab, kelompok harus pandai-pandai menganalisis pertanyaan dari kelompok lain.
7.      pandai mengatur strategi
- Saat memilih wakil kelompok kita juga harus mengatur strategi supaya kelompok tidak berkurang dan pindah ke kelompok lain.
8.      belajar memperhatikan
- Kita juga belajar untuk memperhatikan pertanyaan dari kelompok lain dan jawaban yang diberikan. Ini supaya kita dapat menganalisis dengan benar.
9.      mampu memperbaiki keadaan
- setelah ditinggal atau ketambahan anggota kelompok kita harus mampu mengembalikan dan memperbaiki keadaan yang berubah supaya tidak memengaruhi kinerja kelompok.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images