Sejarah Pendirian Program Studi Sistem Informasi

9:03:00 AM


Kali ini saya mencoba memberikan sedikit tentang sejarah pendirian program studi informasi yang saya dapat saat mencari informasi untuk kuliah dimana. Mungkin teman-teman atau adik-adik yang ingin mengetahui apa itu sistem informasi dan ingin tahu sejarahnya bisa langsung saja ikuti tulisan ini. Selamat membaca :)

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan computer engineering yang berorientasi pada penciptaan produk-produk perangkat keras, dan computer science yang bermuara pada penciptaan produk-produk perangkat lunak, ilmu pengetahuan information system menjadi penting karena akan melahirkan produk-produk teori dan metodologi dalam penerapan teknologi informasi. Ketiga ilmu pengetahuan tersebut, saat ini mendominasi perkembangan disiplin Informatika dan Komputer.
Di Indonesia, respon terhadap perkembangan ketiga ilmu pengetahuan di atas, dicerminkan dalam satu hasil Kelompok Kerja Penataan Program Studi dalam keilmuan Informatika dan Komputer, yang meliputi tiga program studi berikut:
  • Program Studi Ilmu Komputer / Informatika
  • Program Studi Sistem Komputer
  • Program Studi Sistem Informasi
Selain Program Studi Ilmu Komputer / Informatika yang eksistensinya telah resmi diakui oleh Departemen Pendidikan Nasional, kedua program studi lainnya (Sistem Komputer dan Sistem Informasi) secara legal-formal telah juga disyahkan oleh Menteri Pendidikan Nasional. Kurikulum nasional program sarjana untuk kedua program studi tersebut telah disyahkan berturut-turut melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional (waktu itu masih bernama Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) Republik Indonesia Nomor 242/U/1999 (Program Studi Sistem Komputer) dan 243/U/1999 (Program Studi Sistem Informasi), tanggal 5 Oktober 1999.
Pendirian Program Studi Sistem Informasi di ITS terutama sekali terkait dengan rencana pengembangan ITS untuk mendirikan Fakultas Teknologi Informasi (FTIF) sebagai re­spon terhadap perkembangan Teknologi Informasi yang sangat pesat. Momentum pendirian FTIF ini menjadi lebih besar dengan adanya dukungan dari Bapak Presiden Republik Indonesia pada saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam acara Dies Natalis ITS ke-40. Dalam pidatonya, Bapak Presiden menyarankan agar ITS mendirikan FTIF selaras dengan cepatnya perkem­bangan teknologi tersebut.

Gagasan pendirian FTIF ini secara informal telah memperoleh persetujuan dari Menteri Pendidikan Nasional. Sebagai suatu fakultas, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi mengharuskan agar pada awalnya minimal terdapat dua (2) program studi di dalamnya. Sebagai realisasinya, pada tahap awal FTIF di ITS ini terdiri dari dua (2) Jurusan/program Studi, yaitu Jurusan Teknik Informatika (yang telah berdiri sejak tahun 1985) dan Program Studi Sistem Informasi. Pembentukan kedua Program Studi ini dalam FTIF juga didasarkan pada hasil penataan kembali program studi yang berada dalam keilmuan Informatika dan Komputer di Indonesia yang telah diuraikan dalam bagian sebelumnya. Eksistensi dari Program Studi Sistem Informasi FTIF di ITS ini disyahkan secara formal berdasarkan Surat Keputusan Rektor ITS No. 1155.1/K03/PP/2001, tanggal 14 Juni 2001.

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images