TUGAS 2 - Tipe Proyek System Enhancement

11:50:00 PM


Pranatha Widya P 5210100040
Laurensius Bisma 5210100155


Pengertian System Enhancement
Dalam pengerjaan sebuah proyek akan ada saat dimana perlu adanya peningkatan system pengerjaan sebuah perusahaan. Dari system yang sebelumnya sudah ada akan ditambahkan fitur atau fungsi baru yang memungkinkan penambahannya dari luar.
Mengapa perlu adanya peningkatan atau perubahan? Ini dikarenakan dunia bisnis selalu berubah sehingga sebuah system haruslah mengikuti alur perubahan tersebut. Lalu kebutuhan teknologi baru yang diperlukan. Biasanya system analis yang akan memberikan penilaian perubahan apa yang akan dilakukan. Misalnya, perubahan pada bagian hardware ataupun dari sisi software. (Anonym, 2008)

Tantangan Proyek IT
1. Adanya kesulitan untuk tetap menjaga keberlangsungan system operasional yang sudah ada selama proses perubahan agar proses bisnis tetap berjalan dengan baik.
2. Pengembang yang terlibat dalam proyek perubahan sistem juga akan selalu mendukung system agar selalu berjalan seimbang dan berjalan seiring dengan permintaan.
3. Yang paling penting adalah bagaimana perubahan yang terjadi tidak merusak bagian dari system yang sudah ada dan berjalan dengan baik.
(Yeates)



Contoh Jenis Proyek
Studi Kasus COMPSTAT Information System, dimana ISTEP atau Information Systems Technology Enhancement Project membuat dokumentasi, sistem software dan prosedur untuk peningkatan penggunaan informasi dan teknologi informasi pada kantor polisi terutama mengenai pengimplementasian of comunity dan problem oriented policing.
Deskripsi laporannya mengenai software aplikasi yang didesain untuk mensupport manajement pengelolaan di kepolisian dengan nama COMPSTAT. COMPSTAT ini selalu berubah dan berkembang dari waktu ke waktu mengikuti trend kriminalitas yang telah dibahas oleh komandan di kepolisian. Lalu juga terdapat taktik dan strategi apa yang digunakan untuk menyelesaikannya. Maka Computerize crime maps dan beberapa data analisis yang akan berubah dalam beberapa periodik.
Dalam konteks yang lebih besar, teknologi informasi (COMPSTAT sistem) ini menampilkan satu metode yang membuat komputerisasi data yang ada lebih efektif.

Cara Memanage Proyek
Dengan bertujuan untuk meningkatkan penggunaan dari informasi maupun teknologi informasi di kepolisian maka pengimplementasiannya diperlukan framework dokumen yang konseptual, mendeskripsikan persamaan dan perbedaan informasi yang dibutuhkan. Ada 7 kunci untuk pengembangannya, yaitu community interface, inter-organizational linkages, work group facilitation, environmental scanning, problem orientation, area accountability, strategic management.
Ada dua proses yang dilakukan untuk pembentukan dan peningkatan yang harus dilakukan. Yang pertama, mendesain dan mengerti internal maupun eksternal proses yang termasuk didalamnya. Selain itu juga bagaimana sistem bisa diterapkan dengan baik juga pada departemen yang berbeda.Lalu membuka akses operasi dan membuat command line disetiap level staff dengan interview, observasi dan pertanyaan. (U.S Department of Justice, 2003)



Bibliography


Anonym. (2008). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi. Retrieved February 20, 2012, from http://www.scribd.com/pury_anam/d/76273987/65-System-Enhancement
Collabnet, Inc. (n.d.). frameset.html. Retrieved February 20, 2011, from readyset.tigris.org: http://readyset.tigris.org/nonav/templates/frameset.html
U.S Department of Justice. (2003). Information System Enhancement Project CASE STUDY II ISTEP. COMPSTAT Information System , 5-29.
Walles, J. (2012, February 19). Software_development_methodology.html. Retrieved February 20, 2011, from en,wikipedia.org: http://en.wikipedia.org/wiki/Software_development_methodology
Yeates, C. a. System enhancement projects. In Project Management for Information Systems 5th Edition.

Untuk Tipe Proyek Software Development

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images