Plagiarisme

7:53:00 AM

Banyak teman-teman yang mungkin sudah tahu arti dari plagiarisme atau banyak sering dengar kata plagiat. Buat yang belum tahu plagiarisme merupakan tindakan menjiplak karya seseorang tanpa menyebutkan sumbernya. Di Wikipedia disebutkan bahwa  "Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain" 

Saya sedang iseng-iseng mengerjakan tugas kuliah dan membuat artikel berbagi koneksi internet menggunakan windows xp dan windows 7, setelah selesai membuat postingan tersebut saya coba buka Copyscape untuk mengecek kira-kira artikel yang pernah saya tulis di blog ini pernah ditulis orang lain nggak sih. FYI, Copyscape adalah salah satu cara simpel untuk mengecek salinan artikel yang sama dengan artikel dari sebuah blog.


Dan ternyata eh ternyata!!! #jengjeng
Ada yang mengcopas artikel di blog saya :( tanpa menyebutkan sumbernya. Ini nih contoh tampilan jika kita menggunakan Copyscape.



Awalnya saya kira kebetulan sama, tapi ternyata tidak begitu. Dilihat dari tanggal postingan tersebut dibuat, blog yang disitu yang mengcopas artikel disini. Ini yang saya sebut sebagai kamfretos!

Saya akhirnya merasakan yang namanya plagiarisme dan rasanya nyesek dada ditusuk-tusuk pakai pisau, cekit-cekit dipukul sama Chris John. Dan itu membuat saya sendiri sebagai mahasiswa dan seonggok daging yang memiliki jiwa maupun roh jadi takut mengcopas artikel orang lain tanpa menyebut sumbernya. Begitu juga meniru hasil karya orang lain.

Ada trik yang pernah disebutkan salah satu dosen saya dikampus, untuk menghindari kita memlagiarisme hasil karya orang lain. Yang pertama, bisa kita sebutkan sumbernya dan yang kedua bisa dengan kita rangkum sesuai pengertian kita sendiri (tentu saja kata-kata kita sendiri). 

Namun, saya menganggap plagiarisme berbeda dengan konsep ATM, yaitu Amati Tiru Modifikasi ;)

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images