Baterai Laptop Tidak bisa Full Charge/Cepat Sekali Habis(ngedrop)(1)

5:39:00 PM

Saya sering mendengar beberapa teman di sekolah tentang laptopnya yang baterainya cepet habis atau ga' bisa full charge. Nah, kali ini saya mau memberi sedikit info bagaimana mengatasi hal itu.
Mungkin tips ini sederhana, tapi patut untuk dicoba :)

Baterai laptop itu sama seperti baterai handphone. Kalau sudah ngedrop ga' bisa lagi dikembalikan seperti aslinya(baca: normal,seperti kondisi awal). Satu-satunya cara supaya ga' ngedrop ya jaga supaya tidak ngedrop lagi.
Penyebab baterai ngedrop ada bermacam-macam, seperti:
1. Lupa mencabut charger, Ketika teman-teman sedang mencharger, setelah baterai penuh harus cepat dicabut. Jangan sampai charger terlalu berlama-lama nyambung dengan laptop.
Memang ada laptop yang sudah full charge otomatis berhenti mencharge.
2. Nah, yang kedua ini banyak yang sering salah kaprah. Seharusnya saat mencharge laptop, usahakan laptop dalam keadaan mati.

Kadang ada juga yang mencabut baterai laptop dan disimpan. jadi, waktu menyalakan laptop charger harus terpasang. Ini jangan dilakukan terlalu sering karena jika terlalu sering baterai laptop bisa beku. Beku maksudnya komponen baterai dingin dan tidak bisa dicharge.

Salah satu cara untuk menghemat daya baterai adalah dengan mengurangi resolusi dan jumlah warna yang digunakan.

smakin ke kiri semakin sedikit jumlah bit yang digunakan. Jadi, dayanya smakin kecil.

Oke,sekian dulu dari saya. Kapan-kapan akan saya lanjutkan.

nb: dirangkum dari sebuah buku tips komputer, kebetulan bukunya belum ketemu lagi dan lupa judulnya :p

You Might Also Like

16 komentar

  1. waduh.. saya melanggar semua aturan di atas tuh.. sering lupa cabut charger.. dah gitu chargenya waktu laptop nyala juga sambil charge >_< parahh...

    ReplyDelete
  2. hm...
    smoga info ini berguna :) thx komennya.

    ReplyDelete
  3. Amelia, saya juga nggak ngikutin tuh semua tips diatas., wal hasil bateray laptopku.. kayaknya juga dah nggak maksimal lagi.., paling cuma bisa bertahan 1 1/2 jam aja.., telat cari info seputar tips baterai ^_^ nih . tp makasih infonya..

    ReplyDelete
  4. bos ,,mw tanya nech laptop gue acer aspire one ao-532h,,4 bln gue pke tp bermslah sama batre nya ,,waktu gue charger batre g pernah full alias penuh ,,biasanya klo normalnya indikator lampu led waktu batre fullnya warna biru,,skrg mlh lampunya mati n hasilnya ktika laptop dihidupin dan dicek baterai jg g full/penuh,, yg biasanya 100% malah Jadi 80%,,n ktika laptop dicoba dicharger dlm on,,,diicon batrenya muncul tulisan ac on power,,,kira2 apa masalahnya boz y,,,cara diatas gue udah coba tp tetep az g berpengaruh???please bantu saya boz,,,solusinya tolong dikirimkan ke email saya wickojev@gmail.com,,trimksh bnyk sblmnya!!!

    ReplyDelete
  5. smuanx q langgar

    ReplyDelete
  6. masalah saya sama dg ecko.tolong kasih tau bgm cara ngatasinnya.trims

    ReplyDelete
  7. laptop ku accer aspire 4810T.baterainya kok gak mau dicharger ya?biasanya saat di charger nyala lampunya orange,kalau udh penuh jadi biru.nah sekarang baru dicharger aja lampu indikatornya langsung biru.lalu ak nyalain,notificationnya "not charger"
    kenapa ya?
    solusinya gimana?

    ReplyDelete
  8. bos ,,mw tanya nech laptop gue acer aspire one ao-532h,,5 bln W pke tp bermslah sama batre nya ,,waktu W charger batre g pernah full ,,biasanya klo normalnya indikator lampu led waktu batre fullnya warna biru,,skrg mlh lampunya oren truz g bs warna biru n hasilnya ktika laptop dihidupin dan dicek baterai jg g full/penuh,, yg biasanya 100% malah Jadi 85%,,n ktika laptop dicoba dicharger dlm on,,,diicon batrenya muncul tulisan ac on power,,,kira2 apa masalahnya boz y,,,cara diatas W udah coba tp tetep az g berpengaruh???please bantu W boz,,,solusinya tolong dikirimkan ke email saya muhammad.agus.pratomo@gmail.com,,trimksh bnyk sblmnya!!!

    ReplyDelete
  9. mas mw nanya ni!! kenapa netbook saya AO-532h tidak bisa carger penuh???? walaupun dibiarin ampe lama selalu 89%. tolong dijawab mas!!
    thanks

    ReplyDelete
  10. wah laptop ku kalau di carger tidak bisa penuh mengapa ya mas??? hanya 79% saja kadang - kadang juga berubah - ubah.. itu gi mana ya mas..? tolong di jawab..

    ReplyDelete
  11. mw tanya nech laptop gue acer aspire one ao-532h,,5 bln W pke tp bermslah sama batre nya ,,waktu W charger batre g pernah full ,,biasanya klo normalnya indikator lampu led waktu batre fullnya warna biru,,skrg mlh lampunya oren truz g bs warna biru n hasilnya ktika laptop dihidupin dan dicek baterai jg g full/penuh,, yg biasanya 100% malah Jadi 85%,,ditunggu jwbnya ke email gw ya andre.ghandings.sitepu@gmail.com

    ReplyDelete
  12. bos ,,mw tanya nech laptop gue acer aspire 4740,,4 bln gue pke tp bermslah sama batre nya ,,waktu gue charger batre g pernah full alias penuh ,,biasanya klo normalnya indikator lampu led waktu batre fullnya warna biru,,skrg mlh lampunya ttep wrna oranye n hasilnya ktika laptop dihidupin dan dicek baterai jg g full/penuh,, yg biasanya 100% malah Jadi 84%,,kira2 knp yha??
    mnta solusi nya donk....
    kiri aja ke alamat email saya dteriyaki@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Makasih infonya tapi laptop saya udh ngedrop baterainya. mgkin saya tmbahin sama jngan sampek juga keabisan baterai. jadi ketika baterai tinggal 10% segera di charg

    ReplyDelete
  14. kasus saya sama ky yg di atas yg acer AO 532 h
    bgmn ya? di email jg deh hehehe
    alvinceh@gmail.com

    ReplyDelete
  15. wah, saya juga sama dengan kasus diatas mamet itu yang ACER AO532h, malah tipenya sama. Tapi lebih parah punyaku bos, Punyaku cuma ngisi paling mentok cuma 22%. Mohon Bantuannya bos, cara mengatasinya ke emailku
    fi_nto@ymail.com

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images