PURPOSE OF LIFE

12:32:00 PM

aku hidup dan lahir di dunia ini untuk apa?

Memahami PURPOSE OF LIFE atau tujuan hidup sebenarnya adalah dasar bagi kita untuk menjalani hidup ini. Bisa dari tujuan hidup kita lalu barulah mengerti apa PASSION kita. Sebuah cerita klasik bila pasangan selebriti kawin cerai, ini dikarenakan mereka tidak mengenal diri mereka sendiri, tidak mengerti purpose of life mereka.
Purpose of life bisa ditekankan bagaimana kita mengenal diri kita sendiri. Sekarang jika kita tidak mengenal diri kita sendiri bagaimana kita bisa mengenal orang lain, lingkungan dan dunia ini. Jika kita tidak mengenal lingkungan kita lalu kontribusi apa yang bisa kita berikan? NOTHING! Padahal kita dilahirkan di dunia ini PASTI ada tujuan yang sudah Tuhan berikan. Apa itu? ...
Tujuan hidup akan mengharuskan seseorang untuk lebih peduli dan mengembangkan pandangannya pada masa depan. Semakin jelas dan tegas. Mendetail tujuan hidup yang ditetapkan maka semakin besar tujuan itu akan tercapai. Tujuan kita bisa didapat dari rasa antusias kita. Rene Suhardono menyebutkan dalam bukunya Your Job is Not Your Career bahwa antusias berasal dari kata ENTHEOS yang artinya "God in us" atau "from God".
Purpose of life itu bukan hanya sekedar ingin mendapat gaji besar, bekerja di perusahaan idaman, bangga atas cumlaude, pangkat dan sebagainya. Tapi selalu melibatkan sesuatu hal yang lebih besar dari diri sendiri berjangka panjang dan relevan tidak akan pernah keluar dari konteks. Kita diciptakan untuk apa? Mengapa saya ada? Apa makna keberadaan kita?

Purpose of life gives away to vision. vision creates dream. And dreams become reality." Charley Sweeney

Disuatu lapangan bola berkumpul para bintang sepakbola, ada Robinho, C.Ronaldo, Kaka, Rooney, Messi, Ibrahimovich dan lainnya. Akan ada pertandingan sepakbola antar allstar ini. Namun, dilapangan itu tidak ada gawang. Apa yang terjadi? Ya, pertandingan itu tidak akan pernah selesai, tidak akan tahu siapa pemenangnya.
Dalam cerita tersebut bisa diibaratkan gawang itu adalah tujuan hidup. Jika kita hidup tanpa tujuan atau purpose of life bisa dibayangkan.

"Hidup tanpa tujuan hidup yang jelas bisa diibaratkan seperti berpacu pada lintasan yang sala. Saat pacuan dimulai tentu sudah tidak ada kesempatan lagi untuk berkontemplasi dan berpikir panjang. Fokus ada pada melarikan kuda secepatnya. Apa yang terjadi apabila berpacu pada lintasan tersebut bukanlah pilihan hidup kita? Tidakkah kemenangan sehebat apapun akan terasa hampa? Segenap upaya, tenaga dan perhatian akan terbuang percuma tanpa makna."

Bukan bermaksud mengajari dan menggurui teman-teman. Tapi ini sedikit sharingku dari buku Your Job is Not Your Career. Sekarang saya sedang belajar bagaimana mengenal diri sendiri dan tujuan hidup. Ini bisa dicoba, gunakan waktumu 20 sampai 30 menit saat bangun tidur atau saat mau tidur, renungkan purpose of life dan siapakah diri kita ini.

Finding (your) Passion: Don't try too hard, it's from within

God Bless

You Might Also Like

2 komentar

  1. Nice share ...
    ternyata suka nulis to, harus dikembangin Dek. Tujuan hidup ga akan pernah berjalan tanpa adanya sebuah komitmen. Knowing your purpose life, make in commitment, and keep in faith on God. Jesus bless u ...

    Martha

    ReplyDelete
  2. iya mbak :D terima kasih kunjungan dan komennya. Tentu saja juga komitmen dan bekerja di dalam Tuhan :)

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images